UA-83233104-1

bintang jatuh br

Friday, 24 September 2021

Inilah Referensi Lagu Anak Terbaru, Haola & Koala

www.bundasugi.com

Musik dan kehidupan manusia serasa tak bisa terlepaskan. Bener nggak sich? ...

Karena diakui atau tidak, pada dasarnya musik berpengaruh besar terhadap psikologis orang yang mendengarnya. Jelas untuk anak-anak, musik akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologisnya. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Howard Gardner (1993) membuktikan bahwa musik berpengaruh terhadap perkembangan intelektual anak dan bisa membuat anak pandai bersosialisasi. Alunan musik memberikan stimulasi pada perkembangan intelektual anak, bahkan sejak dalam kandunganpun bayi dianjurkan untuk mendengarkan musik. 

Kesimpulan akhirnya musik dapat mengoptimalkan perkembangan intelektual anak, serta bisa membuat anak kreatif, percaya diri, dan mandiri. 

Oleh karena musik memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan anak, maka sebagai orang tua kita harus pinter-pinternya memilihkan jenis musik atau lagu yang harus diperdengarkan/ ditonton oleh anak.

Zaman kita dulu, waktu masih kecil ya hanya mengenal lagu anak-anak saja. Iya nggak? Di rumah maupun di sekolah jika anak-anak bernyanyi lagu yang dibawakan adalah lagu bertemakan anak-anak. Antara lain: Pelangi, cicak-cicak di dinding, kodok ngorek, dan sejenisnya.

Tapi sekarang, zaman sudah berubah jauh lebih modern kebiasaan anak-anak menyanyikan lagu seusianya telah berkurang.Perkembangan teknologi digital memudahkan anak menemukan lagu atau musik yang sering didengarnya. Alhasil stimulasi dari berbagai jenis musik dan lagu menjadi lebih mudah. Jika orangtua kurang perhatian, maka anak bisa saja memilih lagu yang kurang sesuai dengan usianya. Anak-anak mulai asyik menyayikan lagu-lagu yang seharusnya memang diperuntukkan orang dewasa. Sangat miris jika suatu saat nanti anak-anak justru tak lagi mengenal lagu anak. Hal ini disebabkan tak ada yang mengenalkannya. 

Pilihkan anak pada lagu-lagu yang memiliki nilai edukasi

Saya mendapat informasi ada channel YouTube yang mem-publish lagu anak-anak terbaru, saya sangat antusias. Yaitu Hoala & Koala. Setelah searching saya menemukan berbagai lagu anak dengan banyak judul yang menarik.

Apa sich Hoala & Koala? 

www.bundasugi.com

Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Merupakan tokoh dengan karakter 3D yang berperan sebagai Sang pembawa lagu. Hoala digambarkan sebagai gadis kecil yang lincah, selalu ceria dan baik. Sementara Koala adalah tokoh penggambaran dari binatang Koala yang imut dan lucu. 

Hoala dan Koala sering bernyanyi bersama. Selain Hoala dan Koala ada pula tokoh lain yang juga turut bernyanyi, seperti: Ayah, Ibu, serta binatang-binatang lain yang juga menjadi sahabat Hoala. 

Kesan Lagu anak-anak terbaru Hoala & Koala

Lagu-lagu Hoala & Koala sangat bagus sebagai referensi lagu buat anak-anak. Lagu-lagunya juga variatif. Selain itu tema lagu juga sangat mendidik untuk anak-anak. 

Tokoh Hoala & Koala memiliki karakter yang pas, sebagai sahabat anak-anak. Story yang dibawakan sebagai soundtrack lagu mudah dimengerti anak dan terkesan menarik juga lucu. 

Anak serasa menonton sebuah film yang dipermanis dengan alunan musik dan lagu.  

Apalagi infonya Hoala & Koala kini sudah memiliki 5 album lhoo! Dan juga lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. Nah … asyik khan …. !

Hoala & Koala digarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Bahkan banyak musisi internasional yang turut terlibat di dalam pembuatan aransemen seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia yaitu gamelan dan angklung.

Lagu anak  cuci tangan  Hoala Koala

www,bundasugi.com

Lagu mencuci tangan Hoala & Koala memuat anjuran bahwa sehabis pergi, sebelum makan, sehabis pegang benda-benda di luar, sebelum tidur, jangan lupa untuk mencuci tangan. 

Dan ketika mencuci tangan jangan lupa untuk selalu memakai sabun, lalu digosok-gosok. 

Mencuci tangan dianjurkan dengan 6 langkah agar bersih dan terbebas dari kuman. 6 langkah yang dimaksud adalah sesuai anjuran dari Kemenkes:

1. Gosok telapak dengan telapak.

2. Gosok telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya.

3.  Gosok telapak & telapak, dengan jari saling terkait.

4. Putar punggung jari di atas telapak.

5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri & sebaliknya.

6. Kuncupkan jari dan putar di atas telapak tangan.

Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Untuk melihat daftar lagu anak-anak terbaru bisa klik di link hidup.

Semoga kehadiran lagu anak-anak terbaru dari Hoala & Koala ini bisa membangkitkan kembali dunia musik anak-anak. Serta bisa menjadi hiburan sekaligus media edukasi pada anak-anak. 



9 comments:

  1. seneng kalau ada "wadah baru" buat dengerin lagu anak anak
    anak zaman sekarang nyanyinya lagu orang dewasa

    ReplyDelete
  2. Makasih tuk referensi lagunya bunda. Selama ini kita memang suka kesulitan cari lagu yang pas buat anak2. Semoga dengan adanya hoala dan koala ini bisa menjadi angin segar bagi dunia musik lagu anak

    ReplyDelete
  3. kasian ya anak2 sekarang, gak punya lagu yg bisa dinyanyiin rame2 kyk anak thn 90an ke belakang. hal2 edukatif memang perlu diajarkan dg cara yg menyenangkan

    ReplyDelete
  4. Waahhh asyik nih kids jaman now

    Dapat lagu yg edukatif dan sesuai umur ya

    ReplyDelete
  5. Setuju bahwa musik bisa mengoptimalkan perkembangan intelektual anak. Terus jadi mudah memahami sesuatu jika dilagukan. Catet deh Hoala & Koala ini karena di rumah juga ada anak bayi

    ReplyDelete
  6. setuju banget, waktu saya sedang depresi parah

    tiba2 terngiang lagu lagu sewaktu saya sedang happy

    ReplyDelete
  7. Syukurlah kalau ada lagu anak lagi, yang mengasah tumbuh kembang otaknya.

    ReplyDelete
  8. Lucu dan menggemaskan sekali Hoala Koala ini.
    Membuat siapa saja yang mendengar musiknya bisa riang gembira. Apalagi anak-anak yang bisa lengsung belajar ketika mendengar nada dan pesan yang ingin disampaikan di setiap lagu Hoala Koala.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.