UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 12 July 2020

5 Resep Favorit Keluarga yang Enak dan Mudah Bikinnya


Memasak adalah aktivitas yang harus disertai dengan rasa menyenangkan. Karena bagaimanapun saat kita memasak harus ada bumbu-bumbu yang kadang kita butuh pertimbangan dengan feeling. Itu artinya saat kita memasukkan bumbu-bumbu hati kita harus tenang.

Nggak kebayang khan kalau kita lagi marahan lalu kita masak? Entah gimana rasanya? Hihi ...

Nah berikut adalah 5 menu favorit keluarga yang bisa dijadikan bahan referensi saat memasak. Pastinya masaknya cepet dan bahannya gampang didapat. Dan lebih penting rasanya pasti disukai keluarga.

Inilah 5 menu favorit keluarga:


1. Kepiting Saos Tomat
Untuk memasak kepiting, yang agak lama memang persiapannya. Karena kita harus membersihkan kepiting yang biasanya sela-sela capit yang perlu disikat.

Cara membersihkannya adalah: pertama, kepiting yang masih diikat Jangan dibuka dulu. Rebus air setelah panas siramkan pada kepiting.

Setelahk kepitingTak bergerak, biasanya berubah warna menjadi kemerahan, maka lepaskan tali yang mengikat kepitingnya.

Bersihkan kepiting mulai dari badannya hingga disela-sela capit. Setelah bersih kepiting siap di masak.

Cara memasak dan resep nya bisa dilihat di link berikut:


2. Bothok Beluntas


Untuk membuat botok beluntas bahan-bahannya adalah: beluntas pilih yang masih muda yaitu di pucuk daunnya. Kelapa parut, tempe, dan  bumbu-bumbunya adalah: bawang merah, bawang putih,. Kencur, garam, dan sedikit gula pasir.

Cara memasaknya: haluskan semua bumbu, campur kan kelapa parut, lalu tempe dengan cara dihaluskan. Tempe yang dipakai sebaiknya tempe yang sudah diingatkan semalam, lalu digoreng terlebih dahulu. Baru dicampur kan dan dihaluskan.

berikutnya masukkan beluntas yang sudah dipotong kecil-kecil dan sudah dibersihkan. Jika suka pedas bisa dimasukkan beberapa potong cabe.

Setelah semua bahan tercampur rata, bungkus us adonan beluntas menggunakan daun pisang. Lalu kukus hingga matang.


3. Kothok Teri Terung Pedas
Katak dari terung tergolong makanan tradisional. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah terung dipotong kecil-kecil, yang sebelumnya dicuci terlebih dahulu. Lalu ikan teri kering digoreng sampai kering.

Siapkan santan dan bumbu-bumbunya. Bumbu yang dihaluskan adalah: bawang merah, bawang putih, lengkuas, merica, ketumbar, lalu tumis hingga harum.

Rebus santan beserta bumbunya, lalu masukkan terung, tambahkan serai, garam, dan daun salam.

Setelah terong matang masukkan teri yang sudah digoreng. Siap untuk dihidangkan.

4. Perkedel Kentang Daging


Untuk resep ini sebelumnya sudah pernah saya posting. Bisa dilihat di link berikut ini:

5. Capjay Jamur
Untuk membuat capcay jamur tidaklah sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: bunga kol, jamur, sawi, ayam goreng yang sudah dipotong-potong, dan sawi putih.

Bumbu yang dihaluskan adalah: bawang merah, bawang putih, merica. Semua bumbu ditumis hingga harum. Tambahkan beberapa gelas air, masukkan garam, lalu bahan-bahan yang sudah dibersihkan dan dipotong potong.

Jika sudah matang tambahkan minyak wijen. Capcay siap dihidangkan.

Berikut ini adalah menu favorit keluarga saya. Ada yang punya menu favorit lain?

1 comment:

  1. saya kalau buat botok pakainya tempe baru Bu, rasanya kurang nendang sih, tapi suami dan anak-anak nggak suka kalau pakai tempe yang sudah nginap semalam... hiks

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.