UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 16 July 2020

Tips Menghadapi Teman yang Menjengkelkan


Kita seringkali hidup berdampingan dengan orang yang berbeda latar belakang. Hal inilah yang menyebabkan karakter setiap individu berbeda.

Sebetulnya kalo hanya berbeda karakter sich nggak masalah, namun efek dari karakternya yang kadang tak bisa begitu saja diterima. Misal: ada orang yang pendiam, tapi dia juga sabar dan baik hati. Akan tetapi, ada pula yang pendiam, tapi sekali bicara terasa nylekit alias menyakitkan hati.

Karakter lainnya, ada yang banyak ngomong tapi ia juga ramah dan bicaranya menyenangkan. Namun karakter lain lagi, banyak ngomong dan isi pembicaraannya juga kasar dan nyakitin hati.

Lalu, bagaimana menghadapi mereka yang ternyata suka menyakitkan hati atau menjengkelkan?


Merubah sifatnya jelas tidak mungkin, kalau bukan dirinya sendiri yang memang berniat ingin berubah.

Cara satu-satunya adalah membuat strategi gimana kita bersikap.
 Beberapa tips menghadapi teman yang menjengkelkan:

1.  Coba amati, sikap menjengkelkannya tersebut hanya ditujukan pada diri kita saja atau ke semua orang? Kalo ternyata hanya ditujukan pada diri kita saja, berarti memang ada sesuatu dengan diri kita. Coba instrospeksi diri, jangan-jangan berawal dari sikap kita yang menjengkelkan?

2.  Cari tau tentang pribadinya. Apakah ia sedang ada masalah, siapa tau ia lagi broken home, atau karena sebab lain? Karena seseorang yang lagi punya masalah apalagi berat, kadang tak bisa membaca situasi alias, semaunya sendiri. Jika memang iya, maka bantulah memecahkan masalahnya.

3. Tanggapi secara wajar, jangan mudah terpancing emosi. Bila perlu tanggapi/ jawab pertanyaannya dengan nada gurau untuk mencairkannya.

4. Jangan dimasukkan ke hati. Anggap aja angin lalu. Karena jika kita tidak memasukkannya ke hati, maka masalah akan selesai. Namun jika kita masukkan ke hati, jelas akan membuat hati panas. Dan kita seolah sedang mengawali sebuah penyakit hati.

5. Doakan orang tersebut agar dibolak-balik hatinya sehingga menjadi baik.

Nah itulah tips menghadapi orang yang menjengkelkan hati. Semoga bermanfaat!

1 comment:

  1. Kadang orang menjengkelkan ini lucunya nggak sadar kalau dia menjengkelkan. Seperti ketika post sesuatu di socmednya dia secara tidak sadar menyinggung banyak orang. Akhirnya ya satu-satunya cara adalah menghindari. Kalau mencari tau bagaimana dia, apakah sedang ada masalah itu kadang nggak kepikiran karena ya... udah keburu jengkel hahaha... atau kadang cuma berpikir, mungkin dia sedang kurang bahagia...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.