UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 21 January 2021

Macam-macam Karakter Nasabah yang Kamu Temukan Saat Jadi Relationship Officer

Pada dunia keuangan seperti, koperasi, pengkreditan, hingga perbankan umumnya dibuka lowongan pekerjaan sebagai relationship officer. Pekerjaan ini tergolong banyak peminat, khususnya para fresh graduate. Selain itu perusahaan yang membuka lowongan inipun juga lumayan banyak. 

Nah ... kesempatan nich buat kamu yang lagi mencari pengalaman kerja! 

Jika ingin melamar relationship officer, ada beberapa kriteria yang dibutuhkan. 

Sama seperti pekerjaan lainnya, menjadi relationship officer juga memiliki tantangan tersendiri, mulai dari mengerjakan tugas yang diberikan, melayani nasabah dengan baik dan lainnya. Bagi mereka yang belum memiliki pengalaman menjadi relationship officer, mungkin membutuhkan proses adaptasi yang baik. Karena nantinya akan bertemu dengan lingkungan baru dengan bermacam-macam karakter orang. Memang tidak mudah sich menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, namun bukan berarti tidak mungkin khan? Bersama berjalannya waktu, tentu akan bisa mengatasinya. Insyaallah ..
.

Macam-macam Karakter Nasabah yang dihadapi Relationship Officer

Tugas seorang relationship officer BCA pada umumnya yaitu melayani nasabah dengan baik, mengingat posisi tersebut terlibat dalam dunia marketing atau sales yang tentu saja berhubungan langsung dengan nasabah. Pasalnya saat melayani nasabah, Kamu akan bertemu dengan bermacam karakter orang, mulai dari yang sopan hingga yang sedikit menyebalkan. Berikut ini merupakan beberapa macam karakter nasabah yang harus dihadapi relationship officer, di antaranya yaitu:

1. Ramah
Saat menjadi relationship officer, tak sedikit nasabah yang bersikap ramah dan baik, misalnya suka senyum, berkomunikasi dengan baik, sopan, hormat, tulus dan berprasangka baik. Hal ini tentu akan membuat hati merasa senang dan enjoy saat melayani mereka. Tentunya kita juga akan bersikap ramah terhadap mereka.

2. Emosional
Tak semua nasabah menunjukkan sikat baik dan ramah lhoo? Karena seorang relationship officer besar kemungkinan juga akan bertemu dengan orang yang kaku dan bahkan ada yang emosional. Nasabah menunjukkan sikap marah, kecewa, mood berubah dan lain sebagainya. Terutama jika mereka terkena masalah. Hal ini mungkin sedikit sulit diatasi, namun sebagai seorang relationship officer kita harus tetap bersabar.
Cara mengatasinya, sebagai relationship officer BCA yang baik, harus bisa menenangkan dan memberikan pemahaman dengan baik. Jangan dibalas dengan emosional kembali, karena hal tersebut hanya membuat kekacauan.

3. Susah dimengerti
Sebelum mengikuti program relationship officer BCA, bekali diri dengan tingkat kesabaran yang tinggi. Karena ada beberapa nasabah yang karakteristiknya susah dimengerti. Jika menghadapi nasabah seperti ini, yang harus dilakukan adalah tetap bersikap baik, bertanya dan mendengarkan mereka, sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan baik.
Saat mengikuti program relationship officer BCA, hendaknya harus membawa nama baik Bank BCA dengan menunjukkan rasa empati yang tinggi. Meskipun nasabah yang dihadapi sulit dimengerti, namun tetap harus berinteraksi terus-menerus sehingga mengetahui permasalahan finansial yang dihadapinya. 

4. Banyak Nanya
Seperti diketahui sebelumnya, tugas relationship officer sama dengan sales dan marketing, yaitu menawarkan produk perusahaan perbankan. Saat menawarkan produk kepada nasabah, mungkin ada beberapa nasabah yang memiliki karakteristik banyak nanya. Hal ini mungkin akan membuat kita kesal, namun tetap harus sabar menghadapinya.

Itulah 4 macam karakteristik nasabah yang mungkin akan Kamu temukan ketika menjadi relationship officer. Meskipun begitu sebagai seorang relationship officer harus menghadapinya dengan sabar dan ramah.
 





 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.