UA-83233104-1

Tuesday 20 September 2022

Puspaga Balai RW Diresmikan Walikota Surabaya Hari ini

Puspaga
Balai RW kecamatan Genteng Surabaya

Hari ini 20 September 2022, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Program Sinau Bareng, Ngaji Bareng, dan Puspaga/PPTP2A. Bertempat di Balai RW 5 Kelurahan Genteng acara ini dibuka secara live, sehingga warga bisa menyaksikan langsung acara melalui balai RW yang ditunjuk. 

Sebagai langkah awal Pemkot membentuk 19 titik di RW dari 15 kelurahan di Surabaya, dan tidak menutup kemungkinan nantinya

akan ada di seluruh balai RW Surabaya. 

Puspaga sendiri sebelumnya juga sudah ada sejak lama yang bertempat di Siola lantai atas. Yaitu memberikan layanan konsultasi bagi keluarga dan anak.

Mengawali acara dibuka dengan penampilan tari nyadran anak dari SDN Kertajaya dan lagu-lagu dari siswi kelas 2 SDN Ketabang 1 Surabaya.

Acara dihadiri langsung para tamu undangan dan disiarkan secara live melalui zoom meeting. Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Yusuf Masruh menyatakan, tujuan diadakannya acara ini yaitu sebagai tempat untuk anak-anak bermain dan belajar bersama. Selain itu juga memberikan layanan konsultasi bagi keluarga dan anak.

Dengan diresmikannya Sinau Bareng Balai RW ini, berharap anak-anak bisa bermain, belajar, dan mengaji bersama. Sedangkan ibu-ibu yang ikut pelatihan memperoleh ilmu dan menerapkannya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ingin menekankan, program Sinau Bareng ini dibuat sebagai upaya untuk mengembalikan esensi balai RW yang selama ini mayoritas hanya untuk kegiatan bapak-bapak dan ibu-ibu, sehingga anak-anakpun bisa menggunakannya. Yaitu sebagai tempat bersosialisasi, berkumpul untuk menjaga rasa guyub.

”Melalui belajar dan ngaji bareng di balai RW, anak-anak juga diharapkan tak hanya pintar secara akademis, tetapi juga mampu mengembangkan akhlakul karimah." Ungkap Yusuf.

Demi suksesnya acara ini Pemkot menempatkan volunteer puspaga yang terdiri dari psikolog dan mahasiswa psikologi sebagai pendamping.

Di masing-masing balai RW yang ditunjuk serentak melakukan kegiatan yang sama setelah menyaksikan acara launching tempat pukul 16.00. 

Saya sendiri kebetulan ditempatkan di Siwalankerto RW 6 Surabaya. Berperan sebagai psikolog pemateri adalah ibu Linda Hartati, dan psikolog pendamping yaitu Sugi Hartati (saya sendiri), mbak Inerz, mbak Ocha dan mbak Harir yang kebetulan sama-sama Alumni Ubaya. Lalu ada pula mahasiswa psikologi pendamping yang terdiri dari: Alija - Univ. Negeri Surabaya, Meika - Univ. Negeri Surabaya, Clara - Univ. Widya Mandala, Maria - Univ. Widya Mandala, Annisa - Univ. Negeri Surabaya, dan Martha-Univ. Negeri Surabaya. 

Materi di hari pertama tentang Psychological well-being

(Sehat dan sejahtera mental) membangun dan mengembangkan jiwa kepedulian dan kerelawanan sosial. Peserta dibekali ilmu bagaimana mereka nanti dalam perannya sebagai relawan Puspaga yang harus siap untuk menerima konseling bila ada teman atau tetangga yang membutuhkan.

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, meski waktu agak molor sedikit karena terpotong pelaksanaan launching. Acara yang semula ditargetkan selesai jam 17.00 menjadi mundur hingga jam 18.00. 

Untuk selanjutnya acara akan dimulai tempat pukul 15.00 dan selesai jam 17.00. 

Peserta yang hadir lumayan banyak dan juga dihadiri bapak camat Siwalankerto juga ibu lurah serta para kader-kader PKK yang sekaligus sebagai peserta TOT Puspaga. TOT ini akan berlangsung selama 12x pertemuan yang diadakan seminggu 3x selama 1 bulan penuh. Selain itu Puspaga balai RW ini juga menyediakan layanan konsultasi psikologi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bismillahirrahmanirrahim… semoga acara ini akan sukses dan membawa kebaikan bagi kita semua. 



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.