UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 25 March 2019

Cara Membuat Tas Dari Baju Bekas

www.bundasugi.com

Tak terasa, dalam satu bulan kita sudah berapa kali belanja baju. Entah baju untuk anak-anak, suami atau untuk diri kita sendiri. Bahkan tak terasa, almari sudah penuh sesak dengan tumpukan baju yang sudah berjubel.

Pada kesempatan lain, mungkin kita akan mensortir baju-baju yang serasa almari tak lagi muat. Namun dengan berbagai pertimbangan kita nggak begitu saja rela untuk membuangnya. Pasalnya mungkin baju tersebut ternyata masih sekali pakai, atau mungkin kita udah bosan pakai akan tetapi masih terlihat bagus, atau alasan lain lagi karena baju tersebut sudah tidak muat lagi untuk kekenakan?

Tumpukan baju-baju bekas ini kadang membuat kita bingung juga. Mau dikasihkan orang itu kok bekas? Tapi kalau dibuang campur sampah itu kok sayang karena bajunya masih bagus?

Nah, berangkat dari sinilah saya mengajak pembaca sekalian untuk berkreasi. Yuuk ...
menjadikan baju bekas disulap menjadi sesuatu yang bagus dan bermanfaat.

Apa saja sich kreasi yang dapat dibuat dari baju bekas?

Inilah ide kreasi saya, Kreasi dari Baju Bekas:
1. Tas atau dompet
2. Wadah gantung serba guna.
3. Keset.
4. Selimut.
5. Sprei.
6. Taplak meja.
7. Baju boneka.
8. dll.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan cara membuat tas dari baju bekas terlebih dahulu. Next time saya akan membuat kreasi lain yang juga akan saya posting di blog ini. Olah karenanya sering-sering ya mengunjungi blog www.bundasugi.com! Supaya nggak ketinggalan hasil kereasi yang lainnya.

Cara Membuat Tas Dari Baju Bekas

Bahan:

1. Baju Hem (Kemeja)
Akan lebih bagus jika kemeja memiliki dua kantong di bagian depan. Atau kemeja yang memiliki gambar atau hiasan menarik di bagian depan.
2. Baju bekas untuk bagian furing.

Cara membuat:





Siapkan baju bekas yang akan dijadikan kerasi. Lalu potong bagian lengan lurus dengan bagian badan.
Kemudian potong tinggi tas sesuai selera, ditambahkan lebar alasnya tas. Jadi rumusnya: Tinggi tas + 1/2 lebar alas + 2 cm.
Contohnya: saya ingin membuat tas dengan tinggi 20cm dan lebar alas 10 cm. Maka kain yang harus saya potong selebar: 20 + 5 + 2 = 27 cm.

Sisa kain bagian atas dan bawah bisa dipakai untuk handle.




Setelah dipotong, siapkan kain untuk dijadikan furing.



Potong kain furing sebagaimana ukuran  tas.


Jahit bagian samping tas lurus mengikuti bagian bawahnya.





Setelah bagian samping dijahit pasang retsletingnya. Lalu jahit bersamaan dengan furing.
Jangan lupa pasang handlenya.

Nah, mudah bukan?
Semoga bermanfaat!


Artikel lainnya:









19 comments:

  1. Keren dan kreatif sekali, Mbak
    Ini sangat menginspirasi.
    Terima kasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Wah iya kreatif sekali ini. Biasanya suka bingung kalau ada pakaian yang sudah usang, mau dikasih ke oranglain ya ragu. Ini bisa jadi solusi bermanfaat selain itu bisa mengajarkan keanak untuk mendaur ulang barang bekas untuk menjadi barang lain yang useful

    ReplyDelete
  3. Lucu yaaa. Apalagi motif bajunya jadi nempel di tas gitu. Gak kalah deh sama tas mahal di toko

    ReplyDelete
  4. Melihat hasil tas warna kuning itu, nggak nyangka itu berasal dari baju bekas. Keren banget Mbak. Emang ya kalau kreatif apa pun bisa jadi produk yang menarik

    ReplyDelete
  5. Ih keren banget tasnya
    Sayang aku gak bisa jahit huhuhuhu

    ReplyDelete
  6. Wah idenya bagus banget ini. Gak meski ribet karena hiasan dan saku kebetulan pada kemeja itu sudah ada ya. Beneran cantik

    ReplyDelete
  7. Wah mbak kreatif dan cantik banget jadinya
    Mau coba tapi aku ga bisa jahit mesin hikss

    ReplyDelete
  8. Keren dan kreatin banget, Mbak. Baju yang udah gak terpakai jadi bermanfaat lagi, ya

    ReplyDelete
  9. Ya...ampun hasilnya bisa sebagus itu.
    saya kalau bikin prakarya begini ko sering gagal ya
    Huhuhu
    kreatif pisan bunda sugi ini

    ReplyDelete
  10. Tasnya unik banget. Warnanya pun kesukaanku karena aku suka warna yang gonjreng. Kata Mamahku klo perempuan bisa jahit itu enak, lihat apa bisa dieksekusi jadi sesuatu. Aku cuma bisa jahit celana bengkel suami klo lagi robek, jahit tangan hehehe.

    ReplyDelete
  11. Kreatif banget nih. Selama ini baju bekas hanya bisa jadi kain lap. Tapi ini keren. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  12. Aih kereen..kreatif banget ini, aku paling ga bs menjahit kyk gini huhu..

    ReplyDelete
  13. Aku pernah mau buat tas dari bahan jeans bekas celana, terus udah di gunting tinggal jauh tapi akhirnya mager 😂

    ReplyDelete
  14. Hasilnya rapi bener yaa mbak. Kalau langsung lihat tasnya gak bakal ketebak deh kalau bahannya berasal dari baju bekas.

    ReplyDelete
  15. Pengen juga deh bikin kayak gini. Lumayan banget kan baju bekas nggak jadi sampah bahkan bisa bernilai ekonomi.

    ReplyDelete
  16. Kreatif banget ini mba. bisa manfaatin baju bekas biar bisa lebih bermanfaat hehehe.

    ReplyDelete
  17. Ah ini kerennn, kreatif banget sih mbak.. langsung mau ngubek isi lemari ngerombak baju bekas.hehehe

    ReplyDelete
  18. Kreatif mba, perlu dicoba nih, kebetulan banyak baju yang ga kepake, bisa dibikin tas ya. Keren banget itu idenya.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih atas infonya yaa Mak.

    Kece nih produknya. Soalnya aku suka liat tas yang dari bahan denim atau diambil dari jaket jeans gitu. Ternyata bisa dipraktekin yaa pembuatannya*

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.