UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 19 July 2020

Tips Membuat Minuman Jamu yang Disukai Anak-anak


Buat minuman sendiri yuuk ..... Tujuannya adalah agar kita bisa memilihkan bahan-bahan yang memang menyehatkan buat tubuh.

Dulu waktu saya masih kecil, nenek suka membuatkan jamu.  Alasannya karena waktu itu saya susah makan. Jadi kata nenek saya harus minum jamu supaya selera makannya meningkat.

 Jamunya bahannya ganti-ganti sih. Kadang kunyit asam, kadang beras kencur, sering juga bikin sinom.

Jamu-jamu tersebut Kalau dibikin dengan komposisi yang pas sebetulnya rasanya seger lho! Apalagi kalau diminum dengan es atau dalam keadaan dingin, cocok banget diminum siang hari setelah makan siang.

Kalau buat anak-anak bikinnya memang usahakan tidak terlalu kental sih. Jadi komposisi antara bahan rempahnya, air dan gula itu harus pas sehingga selain rasanya enak juga menyehatkan tubuh.

Bahannya dari aneka rempah. Kalo saya membuatnya pakai jahe dan secang. Tapi harga jahe di pasaran kini lagi mahal lhoo ... Jadi alternatif lain,  bisa pakai kunyit. ..

Berikut adalah tips membuat minuman jamu dengan rasa yang enak:


Jamu kunyit asam
Caranya, siapkan 1 ons kunyit. Lalu cuci bersih kunyit, dan iris tipis2. Rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, tambahkan serai, dan asam jawa. Asam jawa nya harus matang. jadi asam yang warnanya sudah kecoklatan dan lunak bukan yang masih mentah. Karena kalau pakai asam yang masih mentah nanti rasanya ada rasa sepet sepet nya.

Supaya rasanya enak bisa ditambahkan gula. Jadi dech minuman sehat nya. Pulau ini sebetulnya bisa dibilang minuman. Namun juga berfungsi sebagai jamu karena ada kunyit dan sere.
.
Jadi  inumanmini bisa untuk mensuplai imun tubuh dan rasanya segeeer ....

Selamat mencoba!

1 comment:

  1. anakku cowok suka nih, tapi karena akunya nggak suka jamu jadi seringnya beli hahahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.