UA-83233104-1

bintang jatuh br

Tuesday, 7 December 2021

Tips Membeli Rumah Baru Bagi Pasangan Muda

                     

Doc. by Sutera-winona.com

Tips Membeli Rumah Baru Bagi Pasangan Muda

"Kalau di suruh memilih, mau tinggal bersama orang tua atau di rumah sendiri?"

        Tentunya jawaban terbanyak akan memilih tinggal di rumah sendiri. Iya nggak? Karena tinggal di rumah sendiri akan menjadi suatu kebanggan sekaligus sebagai perwujudan bahwa mereka bisa mandiri.

        Memiliki rumah sendiri adalah sebuah impian bagi sebagian besar pasangan muda yang sudah menikah. Sayangnya, untuk membeli rumah juga bukan sebuah perkara yang gampang. Ada banyak hal yang akan menjadi pertimbangan manakala seseorang akan membeli rumah.

        Apalagi rumah tergolong salah satu investasi masa depan yang tentu saja kita tak boleh asal membelinya. Jangan sampai rumah yang sudah dibeli dengan harga mahal dan bentuknyapun bagus, tapi lingkungan kurang mendukung. Jangan-jangan menyesal dech dikemudian hari! Misalnya: jauh dari pusat keramaian, jauh dari tempat pendidikan, ataupun fasilitas umum lainnya. Atau jalan menuju akses rumah seringkali macet, banjir, serta kondisi yang tidak mengenakkan lainnya. 

        Nah, nggak ingin khan menjadi menyesal lantaran sudah terlanjur membeli rumah dan nggak sesuai ekspektasi? Ada baiknya simak tips membeli rumah baru di bawah ini.

Tips membeli rumah baru bagi pasangan muda:

  1. Mengumpulkan informasi. Carilah brosur atau informasi rumah sebanyak-banyaknya tentang tipe-tipe rumah dari berbagai lokasi. Anda bisa mendapatkanya melalui pameran property yang kerap diadakan di masing-masing daerah. Atau bisa juga melakukan browsing tentang pengembangan perumahan atau memasukkan key word rumah dijual.
  2. Survey Lokasi. Setelah mendapatkan info tentang rumah yang diinginkan, lakukan survey lokasi. Tujuannya untuk mengetahui keadaan lingkungan di sekitar rumah yang hendak dibeli. Dekat tidaknya dengan fasilitas umum, seperti: rumah sakit, tempat pendidikan, pusat perbelanjaan, dll. Pada saat survey lokasi perlu juga mengetahui daerah tersebut banjir atau tidak? Bagaimana akses menuju ke lokasi rumah, macet atau tidak? Dan sebagainya.
  3. Fasilitas rumah. Ini sangat penting, karena umumnya rumah yang layak huni adalah yang memiliki fasilitas lengkap, antara lain: saluran air bersih, instalasi listrik, jaringan internet, lebar jalan utama menuju rumah, fasum (Fasilitas umum) termasuk area terbuka dan yang tak kalah penting, area pemakaman.
  4. Prospek lokasi jangka panjang. Ini perlu kita ketahui, karena mencakup prediksi kondisi lingkungan rumah untuk masa yang akan datang. Misalnya: akan dibangun jalan tol di dekat perumahan, atau akan ada pembangunan mall dan sebagainya. Nah … adanya pembangunan proyek yang menjadi fasilitas umum seperti ini meski dibagunnya masih lama, akan menjadikan prediksi kita bagaimana harga rumah di lokasi tersebut 5 tahun, 10 tahun mendatang?
  5. Kelengkapan surat rumah. Perlu diketahui juga apakah rumah tersebut masih HGB atau sudah SHM. Karena untuk rumah dengan sertifikat SHM tentunya harga rumah akan lebih mahal dibandingkan dengan yang masih berstatus HGB.

        Inilah tips membeli rumah bagi pasangan muda. Sebetulnya bukan untuk pasangan muda saja sich yang ingin membeli rumah. Meskipun bukanlagi pasangan muda bagus juga berniat membeli rumah untuk investasi. Alasannya: investasi jangka panjang paling aman dan nyaman adalah property. Karena rumah selalu mngalami kenaikan harga dan tidak mengalami inflasi. Berbeda dengan tabungan Bank, tabungan dalam bentuk rumah tidak akan mengalami penurunan, bahkan justru akan terus bertambah naik dari waktu ke waktu. 

        Sebagai contoh Perumahan yang memiliki fasilitas lengkap dan lokasinya bagus, saya mengambil contoh Perumahan Sutera Winona.
        Perumahan Sutera Winona berlokasi di kawasan Alam  Sutera di area CBD yang berdekatan dengan area komersial, cluster perumahan dan apartemen.. Hunian yang bergaya American Classic ini memiliki banyak fasilitas eksklusif, yaitu mulai dari adanya pedestrian walk, area bike lane, hingga sport lounge, yang dikelilingi lingkungan asri dengan tanaman hijau. Hunian ini tampak aksotis karena dibangun ditepi danau yang cantik. Menciptakan suasana yang calming dengan view yang menyejukkan mata, sangat nyaman untuk berkumpul dengan keluarga. Jalanan kompleks memiliki lebar Row 10 – 12 m. Wow cukup lapang khan? Ohya, di Sutera Winona juga tersedia kolam renang dan lapangan basket di club house eksklusif lhoo ... 

Fasilitas yang ada di Sutera Winona

        Winona Sutera merupakan cluster perumahan mewah ala American Summer House yang sangat cozy dan elegan. Selain designnya yang bagus, kualitas bangunan rumah juga premium, dan fitur yang dihadirkan menjamin keamanan terbaik. Karena dilindungi oleh staf yang sudah terlatih, serta adanya gerbang elektronik, CCTV, panic button, dan command center.

        Nah, inilah tips membeli rumah baru bagi pasangan muda agar mendapatkan rumah sesuai yang dinginkan!


10 comments:

  1. tips beli rumah memang harus diperhatikan dengan seksama karena fasilitas, dokumen serta pengembang yang kredibel sangat menentukan.

    ReplyDelete
  2. setuju banget, jangan asal beli

    kemarin seorang kerabat curhat nyesel beli rumah karena tanpa pertimbangan matang

    ReplyDelete
  3. kawasan Alam Sutera emang kawasan perumahan yang sejak dulu bagus ya. nyaman dan aman. pasangan muda pasti bisa tinggal nyaman disana. apalagi sekarang ada clusterwinona sutera. jangankan pasangan muda, saya juga mau yang udah tuir ini, hehehe

    ReplyDelete
  4. Surat-surat penting banget. Sayang beberapa developer terkadang kurang kredibel, jadi pengurusan suratnya sulit sekali

    ReplyDelete
  5. Cek kredibilitas pengembangnya juga mbak (kalau belinya di perumahan), liat karya2 mrk sebelumnya biar ga terjebak dengan janji2 pengembang.

    ReplyDelete
  6. aku pribadi sangat ingin bisa memiliki rumah sendiri, dan membaca tips ini, menambahkan pengetahuan aku untuk memilih rumah baru.

    ReplyDelete
  7. Tips-nya sebetulnya bisa berlaku juga untuk umum ya. Dan memang ,perlu banyak pertimbangan karena rumah ini sifatnya jangka panjang bahkan bisa dibilang seumur hidup. Jadi betul-betul harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk membeli.

    ReplyDelete
  8. Kelengkapan rumah alias sertifikatnya kudu diperhatikan juga keaslian dan segalanya sih ya. Noted nih buat daku tipsnya Bunda Sugi

    ReplyDelete
  9. Poin ke 5 aku sangat setuju. Karena pernah ada kasus sudah terlanjut beli ternyata masalah di administrasi surat2 itu ngeri banget kan.

    Aku pribadi sedang menabung buat beli rumh nih doakan ya mbak.

    Suka dengan suasana yg ada playgroundnya gtu biar maksimal buat stimulus tumbang anak.

    ReplyDelete
  10. Nah kalau beli rumah, memang penting survey dulu ya, apakah lokasinya strategis atau tidak ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.