UA-83233104-1

bintang jatuh br

Friday, 10 December 2021

Badan Kurang Sehat? 5 menu ini bagus dikonsumsi untuk pemulihan



Assalamualaikum wr wb …
        Kali ini www.bundasugi.com akan sharing tentang menu yang cocok dikonsumsi saat badan kurang sehat.

Apa sich tandanya badan sedang tidak sehat?

        Masing-masing orang akan merasakan tanda-tanda yang tidak selalu sama. Namun tanda-tanda secara umum dapat dirasakan saat tubuh kurang sehat.

        Pernahkan ketika tiba-tiba kaki terasa pegal-pegal tanpa sebab? Malahan ada lho yang lebih parah lagi, dimana semua persendian terasa pegal/ sakit? 
Setelah gejala awal adanya rasa sakit di persendian, biasanya akan dibarengi dengan gejala lainnya seperti: badan terasa mriyang, berkurang nafsu makan, demam, bersin-bersin atau pilek, tenggorokan kering atau kadang-kadang ada yang batuk. 

        Adanya tanda-tanda yang muncul tentu akan menyebabkan tubuh kita menjadi tak nyaman. Sehingga secara tiba-tiba nafsu makan pun menjadi berkurang yang enggak?

        Saat nafsu makan berkurang bukan berarti kita menuruti aja untuk tak makan loh ya!
Karena justru ketika kondisi tubuh kita kurang sehat nutrisi makanan harus bisa terpenuhi secara maksimal iya khan?

Jadwal makanpun tetap harus seperti biasanya, sehari 3 kali begitu pula dengan porsinya usahakan untuk tidak berkurang. Karena jika konsumsi yang kita makan berkurang maka gejala yang kita rasakan akan semakin bertambah. Jangan sampai ya! 

        Yach ... namanya aja nggak selera makan, mana bisa harus makan sehari tiga kali dan sesuai porsi kayak orang sehat? Tentu akan sulit dong?

        Nah caranya pilih menu yang menjadi favorit. Maksudnya, menu yang biasanya menjadi kesukaan kita.

        Kalau menu kesukaan tak juga bisa membangkitkan selera kita untuk makan, maka perlu dicoba beberapa menu yang kira-kira kita bisa dengan mudah untuk memakannya. Contoh menu yang tak membutuhkan mengunyah terlalu lama, dengan kata lain menu yang gampang untuk di lumat. Contohnya bubur atau puding. Menu-menu yang bisa memberikan rasa segar saat kita memakannya seperti sup, soto, rawon, dan sejenisnya. 

        Berikut ini adalah beberapa menu yang cocok dikonsumsi saat sakit, karena selain kaya nutrisi juga bisa meningkatkan selera makan. Yaitu:
Kolak Pisang
Kolak pisang yang biasanya berasa manis dan gurih dengan kuah santan, juga banyak mengandung karbohidrat selain vitamin juga. Jadi bisa menggantikan nasi saat kita tidak selera makan. 
Untuk menambah kandungan nutrisi kolak pisang bisa ditambahkan dengan kacang hijau, atau labu kuning.

Bubur kacang hijau/ bubur sumsum. Saat kurang fit biasanya napsu makan menurun, makan bubur bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Bubur kacang hijau sangat bagus buat kesehatan, karena banyak mengandung vitamin dan karbohidrat.
Sup kaldu ayam. Menu ini akan memberikan sensasi seger dan hangat saat makan. Apalagi jika campuran sayurnya lengkap. Ada wortel, buncis, kubis, ditambah jagung manis juga jadi lebih nikmat. 
 
Soto. Menu soto juga bisa membangkitkan selera makan. Tampilan kuah kuning bening yang menjadi ciri khas soto, mampu menggoda kita untuk segera mencicipinya. Soto, bisa dibuat dari daging ayam maupun daging sapi. Ditambah jeruk nipis tambah lebih enak. Dan kalau nggak mau nasi, tetep enak kok dimakan sama lontong.
Bubur ayam. Menu bubur sangat bagus dikonsumsi orang yang lagi sakit, apalagi yang punya riwayat gangguan lambung, sangat dianjurkan. Teksturnya yang lembut dapat membantu mengatasi permasalahan lambung.

        Selain menu-menu makanan, buah-buahan juga bagus loh dikonsumsi saat badan kurang sehat. karena buah-buahan banyak mengandung vitamin yang tentunya akan bisa meningkatkan imun tubuh. Beberapa buah yang bagus dikonsumsi saat kurang sehat antara lain: apel, peer, jeruk, alpukat mangga, pisang dan pepaya.

        Buah-buahan tersebut bisa dimakan langsung atau bisa dibikin jus. 
Nah mudah kan memulihkan tubuh kita saat mengalami kurang sehat? Semoga artikel ini membantu dan kita semua diberi kesehatan.

Wassalamualaikum wr wb … 

11 comments:

  1. Duh ni leher kananku juga pegel pegel asli, apa mau sakit ya 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak kemungkinan sich mbak, nggak selalu gejala tersebut menandakan kita sakit. Karena bisa jadi hanya ketegangan otot karena terlalu banyak duduk/ posisi tidur yang kurang pas. Saran aja sich mbak, coba digosok pakai minyak gosok yang hangat, atau dikompres pakai air hangat. Semoga lekas sembuh ya!

      Delete
  2. Aq kalo pas kurang enak badan suka makan yang berkuah juga mbak termasuk bakso atau soto. Rasanya tuh jadi adem gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, betul. Kalau berkuah rasanya lebih seger ya, makan jadi lebih berselera dibandingkan yang kering2 gitu

      Delete
  3. Ngomongin tentang kolak, kalau di Gresik sini ada yang namanya kolak ayam loh. Iya, ayam dikolak, bumbunya rempah2 banyak banget. Ada gula merahnya banyak juga. Manis2 gitu rasanya

    ReplyDelete
  4. aku lagi sakit2 badan nih, sampe gak jadi puasa krn susah banget bangun saking badan terasa gak enak. tp makan tetep kenceng, haha.

    ReplyDelete
  5. Setuju, makanan tuh obat yang mujarab untuk mengusir penyakit
    Imunitas tubuh yang meningkat, mampu menghajar kuman penyakit yang datang

    ReplyDelete
  6. Kalau lagi sakit aku sukanya yang seger2 dan berkuah kaldu kayak bakso, soto,dan sup. Jadi pembuka selera buatku.

    ReplyDelete
  7. Kalo buat saya, makanan yang berkuah panas bisa jadi salah satu alternatif penggugah selera makan ketika sedang kurang enak badan. Atau air kelapa muda.

    ReplyDelete
  8. Kalau tidak enak badan meriang atau flu gitu saya selalu bikin sup ayam, resep warisan dari nenek majikan yang saya jaga waktu kerja di Taiwan
    Resep Chinese mereka memang manjur dan mengandung herbal, jadi aman

    ReplyDelete
  9. Yang terakhir setuju banget, anak atau suami kalau lagi kurang sehat selalu minta soto abang-abang dekat rumah mbak. Terus ditambah banyak koya sedap rasanya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.