UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 25 September 2014

Panduan Merajut Untuk Pemula

Crochet

Sebelum memulai merajut ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang segala sesuatu yang berhubugan dengan merajut itu sendiri. Pengertian Crochet, Perbedaan crochet dengan knitting, peralatan merajut, simbol dalam merajut, istilah crochetmacam-macam benang rajut, Macam-macam jenis tusukan rajut, dan sebagainya.

Perbedaan Crochet atau Knitting

Merajut terbagi menjadi 2 cara yaitu: Crochet atau Knitting, keduanya sama-sama tehnik merajut. Bedanya:
- Crochet: Secara sederhana crochet menggunakan 1 jarum.
- Knitting: knitting menggunakan 2 jarum.

Peralatan Merajut:

1. Hook / Hakken/Hakpen.

Hakpen memiliki ukuran bermacam-macam. Penggunaannya disesuaikan dengan ukuran benang. Sesuaikan antara hakpen dan ukuran benang. Karena jika hakpen terlalu kecil, hasil rajutannya akan terlalu rapat dan kaku. Begitu juga sebaliknya apabila hakpen terlalu besar hasil rajutannya akan terlihat besar dan longgar .

Penggunaan bahan dan ukuran hakpen yang disarankan :
1.  Nomor 1/0 untuk benang katun ukuran 5
2.  Nomor 2/0 - 3/0 untuk benang katun nomor 10, benang rayon, benang wol 2 ply, benang wol lokal.
3.  Nomor 4/0 - 5/0 untuk benang katun nomor 10 - 30, benang wol 4 ply, benang softly cotton 4 ply
4.  Nomor 5/0 - 6/0 untuk benang softly cotton 5 - 6 ply, benang katun nomor 30
5.  Nomor 6/0 - 7/0 untuk benang softly cotton 8 ply
6.  Nomor 7/0 - 8/0 utnuk benang wol katun tebal (soft worsted yarn, benag bulky 10-12 ply)

2. Benang.

Ukuran benang menyesuaikan dengan hakpen.

Jenis-Jenis Benang Rajut dan Perkiraan Harga:

  1. Benang Kinlon,  adalah benang rajut yang berbahan katun minlon. Cocok digunakan untuk membuat syal karena sifatnya yang mengembang dan hangat jika mengenai tubuh. Berat rata-rata 45 gr harganya berkisar antara Rp. 12.500,-
  2. Benang Wol Kenari, Berat rata-rata 30 gr harganya berkisaran antara Rp. 5.500,-
  3. Benang Katun.  Adalah terbuat dari serat alami (kapas). Benang ini cocok digunakan untuk pemula yang baru belajar merajut. Benang katun sifatnya dingin, ringan dan memiliki variasi warna. Bisa digunakan untuk membuat berbagai pernik sulam, seperti: tas, dompet, taplak meja, dll.Benang katun ada yang memiliki satu warna dan ada yang gradasi (sembur). Jenis benang katun yang lain adalah benang katun bali halus (jasmine), benang katun import. Bisa digunakan utk project apa aja, Harganya biasanya berkisaran sekitar  Rp 8.500,- hingga Rp. 15.000,- Berat rata-rata 45 gr
  4. Benang nilon Benang Rajut Nilon, cocok untuk tas karena sifat benang yang kuat, kaku, dan mengkilat. Benang nilon ukuran kecil (no.12) cocok digunakan untuk aksesoris atau pernak-pernik. Untuk yang berukuran besar (D30) cocok digunakan pembuatan tas, dompet, dan sepatu. Harganya sekitar Rp.7,000,- sampai Rp 11.000,- untuk ukuran kecil, biasanya tanpa digulung. Tapi unutk ukuran besar harganya antara Price : Rp.38,000 hingga Rp 40.000,- dengan berat sekitar  300gr, bisa lebih.
  5. Benang Panda, harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.17,500 berat: 100gr hakken: no.3/4 knitting: 3mm
  6. Benang Woll sintetis/Acrilic, Dapat digunakan untuk membuat syal hangat, amigurumi/boneka dll Hakken no 3/4  Knitting uk 2,5mm berat 40gr harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.8,500
  7. Benang Acrylic linen, untuk menenun harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.15,000
  8. Benang polyester, Benangnya Ringan, Mengkilat, kuat dan Tidak Luntur Bisa Untuk Tas Bahan :polyester Hakken no.4/5 Berat :100 gram harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.12,000
  9. Benang ryon splash Sembur,  harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.17,000 berat 50gr Hakken 2/3 knitt 2,5mm Lembut, cocok dibuat utk syal, baju dewasa/baby dll, benang tidak pecah
  10. Benang orchid, Benangnya lembut Bahan :cotton Bisa di buat untuk baju,syal dll. Hakken no.4 Knitting :3mm harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.12,000 Berat 100gram
  11. Benang bulky, dr bahan akrilik, spt kapas, helainya tebal Cocok dibuat utk tas haken no 8/9/10 knitting uk 6mm berat 60-70gr harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.11,000
  12. Benang smock, Benangnya Mengkilat Berat 20gr Bisa digunakan sebagai tepi jilbab/kerudung dan accessories harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.5,000
  13. Benang jala Bisa di gunakan untuk membuat taplak Hakken no.0/1 atau ½ harganya biasanya berkisaran sekitar Rp.5,000
  14. Benang rayon, berat 100gr Hakken 2/3 knitt 2,5mm Lembut, cocok dibuat utk syal, baju dewasa/baby dll, benang tidak pecah harganya biasanya sekitar Rp.17,000
  15. Benang Athena, Benangnya tidak luntur,lembut dan hangat. Bahannya :30% woll dan 70% akliric Bisa dibuat baju,topi dan syal hangat Hakken no.4 Knitting :3mm Berat :100gram harganya biasanya berkisaran sekitar  Rp.25,000



3. Jarum Jahit. Ini sebenarnya hanya sebagai alat bantu dari hasil akhir. Gunakan jarum jahit berlubang besar. Berfungsi utnuk penyelesaian produk.

4. Meteran. Sebagai ukuran untuk menyesuaikan pola.
5. Gunting. Memotong benang.
6. Penanda
Penanda rajutan fungsinya untuk memberikan tanda saat kita memulai merajut. ini bertujuan memudahkan kita dalam menghitung jumlah tusuk dalam rajutan. Tentang alatnya ada bermacam bentuk, bisa membelinya diperalatan rajut. tapi kita bisa juga memanfaatkan benda disekitar kita, misalnya benang. Perhatikan gambar berikut.



7. Lem tembak. 
Untuk menempelkan aksesoris pada rajutan.

Sebelum memulai merajut, ada baiknya mengenal simbol2 crochet dasar, di sini saya akan menggunakan istilah internasional dan juga bahasa Indonesia. 

Berikut adalah simbol-simbol crochet:

Simbol Crochet


Penggunaan dari simbol adalah: memberikan kemudahan dalam membaca pola rajutan atau membuat pola rajutan. 


Istilah2 crochet:
Lp = Loop = lingkaran benang pada hakpen
Turn = Balik
Sp  = space  = spasi
St = stitch
Crochet Marker = penanda tusukan
MC = main color (digunakan jika pola menggunakan lebih dari 1 warna)
WS = wrong side = tampak belakang
RS = right side = tampak depan
Magic Ring

Macam-macam tusuk rajut

Tusuk Dasar

1. Rantai atau chain
Saat akan membuat rantai, terlebih dahulu awali dengan membuat lingkaran. Ada berbagai macam cara membuat lingkaran di awal rajutan crochet, kali ini saya mau mengajarkan membuat lingkaran tanpa membuat tusuk rantai.

Maaf nggak sempat ngambil gambar, jadi gambar2 saya pinjam disini: belajarcaramerajut.com

Masukkan jarum ke dalam lingkaran untuk mengambil buntut benang, lalu tarik benang ke dalam lingkaran 

Ambil benang dari gulungan dan taruh buntut benang ke sebelah kiri. tergantung pola anda, di contoh ini saya membuat 5 sc ke dalam lingkaran (buntut benang ikut di dalam lingkaran). Lalu,  tarik buntut benang sehingga lingkaran tertutup



slst ke sc pertama, jadilah lingkaran benang crochet awal.

2. Tusuk Tunggal (sc)



Single crochet (tusuk tunggal) termasuk tusuk dasar dalam crochet. Contohnya saja, anda bisa membuat syal hanya dengan menggunakan single crochet ini. Pertama anda buat tusuk tunggal sepanjang lebar syal yang diinginkan, lalu buat baris baris single crochet sampai sepanjang syal yang dikehendaki.

Lambang tusuk tunggal adalah sbb: xxx atau +

Sebagai latihan buatlah 21 tusuk rantai. Lalu masukkan hakken di rantai kedua dari ujung, karena rantai nomor satu dihitung sebagai tusuk tunggal pertama.
Ambil benang, sehingga terbentuk 2 lingkaran. 
Ambil benang dan masukkan ke kedua lingkarang tersebut, inilah yang disebut dengan tusuk tunggal / single crochet. Lanjutkan pada chain2 selanjutnya sampai ujung.

3. Setengah Tusuk Ganda (hdc)


Cara membuat :
a.  Kaitkan benang pada jarum, mulai tusukan pada ch 3
b.  Tarik jarum sehingga terdapat 3 lp.
c.  Kaitkan benang pada jarum, lalu tarik langsung melalui 3 lp.
d.  Mulai tusukan baru lagi

4. Tusuk Ganda (dc)


Cara  membuat :
a.  Buat tusuk rantai sebagai dasar
b.  Kaitkan benang pada jarum
c.  Masukkan jarum pada rantai ketiga terhitung mundur dari jarum
d.  Kaitkan benang pada jarum 
e.  Tarik benang melewati lubang rantia (langkah c)
f.   Kaitkan benang pada jarum
g.  Tarik benang melewati 2 lubang
i.  Tarik benag melewati 2 lubang
j.  Lakukan langkah a-g sesuai petunjuk pola

5. Triple (tr)


Tusuk ini mirip dengan tusuk ganda. Pada tusuk ganda, benang dikaitkan 1 kali di jarum, sedangkan pada
    tusuk triple, benang dikaitkan 2 kali.
Cara membuat :
a.  Buat tusuk rantai sebagai dasar
b.  Kaitkan benang 2 kali, tusukkan pada rantai keempat
c.  Kaitkan benang 1 kali, lalu keluarkan dari tusukan rantai
d.  Kaitkan benang, lalu keluarkan benang melali 2 lubang di jarum
e.  Ulangi langkah d
f.  Kaitkan benang, lalu keluarkan benag dari 2 lubang jarum. Jika akan pindah ke baris kedua, awali dengan membuat tusuk rantai 4 kali.

6. Tusuk Sisip (sl st)


  Biasanya, tusuk sisip dipakai untuk menyambung dan membuat tusukan baru di temapt lain

Cara membuat :
a.  Masukkan jarum pada tusukan berikutnya
b.  Kaitkan jarum pada beang
c.  Tarik benang melewati lubang dan rantai pada jarum

Referensi:
Bundasugi.com
belajarcaramerajut.com


Artikel Lainnya:  








142 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. saya sangat mengagumi produk handmade seperti rajutan dan bagi yang belum tahu seperti apa produk rajutan yang bisa dihasilkan, coba deh, mungkin seperti di sini ya hasil akhirnya. o ya, cek di sini juga ya jeng, ada artikel2 menarik tentang produk rajutan.

    ReplyDelete
  3. Sepertinya emang sulit ya bunda, intinya kita harus pahami dulu apa itu pengertian rajut dan merajut, tetapi kalau sudah mencoba dilakukan sih ya enak enak aja untuk mengisi waktu luang kita hehehe, Salam Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. sulit... nggak juga sich bund. Enaknya emang langsung praktek, trus... latihan,... dan latihan ...

      Makasih ya atas kunjungannya

      Delete
  4. Terima kasih bu atas postingannya. Sangat membantu untuk saya yang baru pemula. Jadi saya bisa bikin usaha sendiri... Ternyata merajut itu mudah, disela-sela saya belajar saya juga bisa membuat rajutan yang indah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga Usahanya sukses ya mbak...

      Delete
  5. bunda, klo mau buat long skirt bgusx pke benang apa yg ringan dan enak dipke?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat skirt bisa pake benang woll, katun, atau soft cotton. Kalo pake katun memang agak berat dikit dipakenya, tapi enak terasa jatuh. Kalo benang woll akan terasa agak melar gitu ketika dipakai. Ya, tergantung modelnya. Klo model nggak terlalu lebar, pake katun juga Ok menurut saya. Semoga membantu ya mbak..

      Delete
  6. Bunda, kalo mau buat syal enaknya pake benang apa yang bun? Dan pake tusuk jarum yang mana? Biar enak dipake dan mudah dibuat..
    mmau curhat dikit nih bun... ini pertama kalinya mau buat rajutan... ada saran2 ga bun? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau bikin syal bisa pakai benang soft catton atau woll. Tergantung mau model gimana. Kalo model tusuk kerang gitu bisa pake woll, modelnya agak kaku, tapi hangat, bisa berdiri menutup leher. Kalo pingin yang terasa ringan dan lembut pake soft catton mbak. Insyaallah kapan2 saya share pembuatan syal dech... di blog ini

      Delete
  7. Bun, saya mau minta saran nih.. Benang rajut yang cocok untuk pemula apa ya? Ukurannya yang gak terlalu kecil dan teksturnya juga gak terlalu kaku atau lemes gitu.. Soalnya masih mau belajar. Pengennya bikin bross bunga. Dari kemarin bingung mau pakek benang apa. Takutnya nanti salah beli. Mungkinkah katun, katun big ply, atau polyester?
    Terimakasih atas sarannya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih belajar enak pakai benang katun atau wool. Keduanya dibuat bentuk bunga cocok. Kalo pake poly ntar jadinya agak kaku, jadi kurang cantik kalo buat bross

      Semoga membantu

      Delete
  8. Bunda, saya pemula ingin belajar buat rajutan dompet hp, kira2 pake benang wol/softy cotton bund?? Yg bisa dicuci dompetnya kalo kotor.
    N jarumnya ukuran berapa bund
    makasih jawabannya

    ReplyDelete
  9. Bunda, saya pemula ingin belajar buat rajutan dompet hp, kira2 pake benang wol/softy cotton bund?? Yg bisa dicuci dompetnya kalo kotor.
    N jarumnya ukuran berapa bund
    makasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau buat dompet hp bagusnya pake benang poly mbak. Untuk jarumnya pake yang ukuran 3 aja. Bisa juga pake wool, tapi kesannya berbulu gitu, trus agak lemes, bentuknya kurang kuat. Tapi kalo pake poly, jadinya agak kaku, dan membentuk gitu, trus dicuci juga bisa. Kalo pake soft cotton, saya rasa kurang pas mbak, itu cocok buat topi atau selimut bayi, karena sifatnya yang agak lembut.

      Semoga berkenan

      Delete
  10. assalamualaikum bun....saya ini baru banget mau belajar merajut...kira2 untuk pemula, mau buat kupluk bayi sulit tidak ya? untuk peralatan yang disiapkan benang apa dan hakpen no berapa ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      Maaf baru sempat balas. Kalo mau membuat kupluk bayi cocoknya pake benang wool atau soft cotton mbak. Untuk ukuran hakpen-nya bisa pake yang nomor 3.

      Selamat merajut ya

      Delete
  11. Mb,kpn mau posting utk pembuatan syal? Klo mau bikin syal dr soft cotton pake nya jarum ukuran brp ya? Trus polanya bgs yg mana?

    ReplyDelete
  12. Mb,kpn mau posting utk pembuatan syal? Klo mau bikin syal dr soft cotton pake nya jarum ukuran brp ya? Trus polanya bgs yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin juga segera posting tutorial pembuatan syal, tp maaf karena kesibukan belum bisa prediksi kapan. Insyaallah saya usahakan segera. Sebetulnya model tusuk apapun bisa dibuat syal, tergantung selera aja. Lalu tinggal lebar da panjangnya yang disesuaikan. Bisa juga dimodif dengan tusuk lainnya. Kalo ukuran hakpennya biasanya no 3.

      Delete
  13. Bunda, saya kan baru mau belajar merajut, tapi bingung untuk membeli alat2 nya. Menurut bunda alat2 apa saja sih yang wajib dibeli untuk belajar merajut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alat merajut itu yang utama pada dasarnya cuma 2 mbak. yaitu benang dan hakken/ hakpen. Saran saya belilah yang ukuran no 3. itu ukuran standart, tidak terlalu kecil dan besar. Bisa dimulai dengan benang katun atau wool

      Delete
    2. iya mbak SuZee.... sama2
      Selamat berlatih

      Delete
  14. pengennnn belajar, susah gak ya??? maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah mudah mbak. yang penting harus sering latihan aja, buat nglemesin tangan. Yuuk segera dimulai mbak

      Delete
  15. Bunda, kalo benang nilon paling kecil pake hakpen no brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling kecil yang ukuran berapa ya mbak? D18 kah? itu bisa pake hakpen no 1 atau 2.

      Delete
  16. bunda,,,,, saya ingin sekali punya usaha rajutan. nanti saya ingin sekali belajar sama bunda. mohon bimbingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mbak... Insyaallah saya bantu semampu saya

      Delete
  17. bunda saya dapat pesenan sweater cew dewasa kira2 habis berapa gram benang ya?klo segulung 100gr.trus kalo ongkos bikin nya berapa ya?soal ya benang nya dr pemesan.trimakasih sebelum nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah... keen mbak dapat pesanan. Selamat ya! Untuk sweater ya mbak! sebelumnya mohon maaf, saya baru sekali bikin model seperti ini, tapi itu udah lama sekali, tepatnya ketika saya masih SMP. Jadi lupa juga habisnya berapa. Kalo saya perkirakan mungkin antara 8 sampai 12 gulung mbak. Tergantung panjang pendek dan besat kecilnya sweater. Kalo soal ongkos, mbak bisa menghitung dari waktu pengerjaan. Berapa hari waktu selesainya, lalu mbak kira2 perharinya mau dihargai berapa. Ini relatif mbak masing2 crafter. Senyamannya mbak aja harganya. Dan pertimbangkan tingkat kesulitan modelnya. Atau mbak bisa menetapka harga dari membandingkan model sejenis, ditoko2 harganya sekitar berapa, lalu dari harga tersebut mbak kurangi harga bahan (karena bahan dari pemesan). Saya kira ini masukan saya, semoga bisa membantu. Selamat berkarya!

      Delete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf komen anda terpaksa saya hapus, karena mengarah pada link perjudian.

      Delete
  19. trimakasih Bunda Sugi. ilmu yang anda berikan sangat bermanfaat sekali bagi sy sebagai pemula..... mudah2 an sy bisa belajar dr Bunda Sugi...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... iya, sama2 mbak Lely . Yuuk segera dimulai belajar!

      Delete
  20. Assalamualaikum Bunda Sugi, saya baru lihat2 blog ibu, karena saya sedang mencari2 istilah2 symbul crochet dalam bahasa Indonesia. Selama ini saya hanya mengerti istilah yg dlm bahasa Inggrisnya saja, paling cuma tahu rantai untuk ch. Setelah membaca artikel ibu ini, sekarang bertambah ilmu saya. Terima kasih banyak sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam....
      Alhamdulillah... semoga bermanfaat.
      Iya sama2

      Delete
  21. terima kasih banyak infonya ummi
    masya Allah, lengkap untuk pemula seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2, mbak Emmy. Terimkasih balik atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!

      Delete
  22. Assalamualaikum bunda, seneng deh bs menemukan blog bunda yg ramah pd pemula yg ingin belajar rajutan
    Sy sdh la pengen membuat jaket rajut untuk baby sy. Dan kalo sukses mau djadikan usaha sampingan juga. Tp susah sekali bunda mendpt benang yg cocok untuk project sy. D kota sy adanya benang wol yg kualitas jelek, benang katun dan poly
    Mau minta saran bunda kira2 online shop mana yg ramah juga untuk pemula seperti sy , alias ga marah2 kalo ditanya2. He hee
    Dan hakpen nomer brp yg cocok.
    Sy suka melihat tutorial merajut di youtube dr luar negeri tp kok susah ya ngikuti polanya. Rata2 pake hakpen no. 7 atau no. 10 jd projectnya cpt selesai. Menurut bunda gmn?
    Terimakasih jawabannya ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam..... wr. wb.
      Senang juga bisa bersilaturahmi dengan mbak Murni Aziz. Salam kenal...
      Untuk pakaian baby, sebaiknya memang pake banang yang sifatnya lembut dan mudah menyerap keringat. Biasanya sich pake Soft cotton.

      Nah kalo ol shop yang recomended maaf saya nggak bisa kasih saran, pasalnya saya belum pernah belanja di sana. Coba mbak gabung di komunitas belajar merajut di fb. Kayaknya banyak dari mereka yg pengalaman belanja online. Mbak bisa tanya2 di sana.

      Kalo ukuran hakpen sich biasanya saya pake no 3. Menurut saya itu sangat pas. Nggak terlalu besar dan nggak terlalu kecil. Kalo hakpen yang besar memang cepet selesai mbak, tapi hasilnya terlihat besar dan jarang2 gitu. Kurang rapi aja sich menurut saya. hehe.... tapi itu semua tergantung selera juga kok mbak.

      Terimakasih atas kunjungannya. Semoga jawaban sederhana ini bisa membantu...

      Salam

      Delete
  23. bun, untuk membuat tas menggunakan benang nilon, pake hakpen ukuran berapa? terus hakpen nya yg cocok unutk benang nilon terbuat dari apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilonnya ukuran berapa? Kalo saya biasanya untuk yang d28 pake yang no 1/2. Kalo d30 pake hakpen ukuran 3, Kalo d45, saya pake no5.

      Sebetulnya ukuran hakpen itu bukan patokan sich, tergantung selera kita juga, mau yang terlihat rapat, terlihat jarang atau diantara keduanya? Supaya tahu jelasnya, bisa dicobain menggunakan hakprn berbagai ukuran. Semoga bisa membantu, maaf kalo jawabannya kurang! memuaskan.

      Delete
    2. makasih bun jawabannya, oh iya jadi kalau mau rapat rajutan nya tergantung dari ukuran benang sama hakpen nya?

      Delete
    3. iya. pakai hakpen yang lebih kecil, maka rajutan akan rapat. Tapi standartnya seperti yang saya sebut di atas. Itu sudah Ok, terlihat rapi dan tidak terlalu rapat.

      Delete
    4. makasih banyak bun ilmu nya.

      Delete
  24. mbak nerima pesenan rajut nggak ? terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk rajutan apa ya? Kalo tas atau sandal, insyaallah saya terima.

      contoh sandal rajut bisa dilihat di sini http://bundasugi.blogspot.co.id/search/label/Di%20Jual%20%28Aneka%20Produk%29
      atau
      add fb saya: https://www.facebook.com/sugi.hartati.9

      Delete
  25. Selamat pagi bunda...saya baru mau belajar merajut, pengennya buat sarung tangan bayi...itu kira2 pake benang apa ya bun yg cocok? Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak Stefena....
      Kalo mau buat sarung tangan bayi bisa menggunakan benang soft cotton, atau wool mbak.
      Sama2. Semoga membantu.

      Delete
  26. Assalamualaikum bunda
    Saya mau tanya.Kalau mau buat syal rajut yg sedikit tebal,sebaiknya benang,hook,jarum,dan teknik nya menggunakan apa ya?
    Makasih bunda,post nya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...
      untuk syal, kalau mau agak tebalan bisa menggunakan tusuk model kerang. Untuk benangnya bisa pakai wool, atau soft cotton, dan hakpen bisa pakai no 3.
      Semoga membantu!
      Iya, sama2... Alhamdulillah..

      Delete
  27. Assalamualaikum bunda. Sy juga editor freelance. Rajuter jg. Ni yg mau ku tanyain. Ada pola rajut septu baby yg sampe sekrng blum terpecahkn. Boleh sy kirim fotonya via bm. Bsa ni bb sy bund 36eb406a. Sama mau nnya klo mau beli benang partai besar yg murah dmn ya bund? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat 26eb406a.mohon di invite ya bund

      Delete
    2. Ralat 26eb406a.mohon di invite ya bund

      Delete
  28. Assalamualaikum bunda. Sy juga editor freelance. Rajuter jg. Ni yg mau ku tanyain. Ada pola rajut septu baby yg sampe sekrng blum terpecahkn. Boleh sy kirim fotonya via bm. Bsa ni bb sy bund 36eb406a. Sama mau nnya klo mau beli benang partai besar yg murah dmn ya bund? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...
      wah kita seprofesi ya mbak....
      Boleh mbak lewat email ya: tatik_deje@yahoo.com
      maaf saya nggak punya bb

      Delete
  29. Bunda .. sy baru belajar merajut, semangat sih tp kok agak bete ya? Karena ngulang2 rajutan, akhirnya benang jd bundel jd mbrudul bahasa jawanya. Trus kok jd kaku untuk masukkan ke jarum lg. Apa benang yg sdh sempat dirajut, diurai terus dirajut lagi jd mbrudul ya? Mohon jawabannya ya Bund... matur nuwun

    ReplyDelete
  30. Bunda .. sy baru belajar merajut, semangat sih tp kok agak bete ya? Karena ngulang2 rajutan, akhirnya benang jd bundel jd mbrudul bahasa jawanya. Trus kok jd kaku untuk masukkan ke jarum lg. Apa benang yg sdh sempat dirajut, diurai terus dirajut lagi jd mbrudul ya? Mohon jawabannya ya Bund... matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang ada benang jenis tertentu kalo diulang rajut jadi brudul. Mrajut memang harus sabar mbak. Harus sering berlatih. Kalau nggak sering pegang, bisa kaku lagi. Nggak apa2 ulang2 terus, nanti kalo sudah hasilnya rapi baru pake benang yg sesuai dengan yg diinginkan dan dibuat projek sungguhan. Nggak dibrudul lagi, hhehe... tetap semangat mbak! Semoga jawabannya berkenan.
      Sama2.

      Delete
  31. halo bunda seneng bisa belajar merajut aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga...
      Alhamdulillah. Terimakasih sudah singgah di sini.

      Delete
  32. Bunda mau tanya, saya mencoba merajut dengan menggunakan benang wol pakai tusuk dc itu, tapi hasilnya seperti kain yg bergelombang gitu tdk bisa lurus rapi...
    Itu karena apa ya bund? Apakah terlalu kencang atau bagaimana? Terima kasih sebelumnya bunda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Risna Rivera: sudah saya balas di bawah ini ya..

      Delete
  33. tenang aja mbak. Pertanyaan yang sama terlontar dari hampir semua yang baru belajar merajut. Intinya setiap benang punya karakteristik tersendiri. Ada yang kaku, ada yang lemes, dll. Kalo udah dirajut hasilnya juga beda2. Yang terpenting adalah teruslah berlatih, jangan pedulikan lurus atau bergelombang, yang penting menusukkan hakpen dan mengambil benang dari hakpennya sudah bagus, maka nanti hasilnya akan bagus dan rapi dengan sendirinya. Memang saat merajut benang sebaiknya jangan terlalu kenceng dan jangan terlalu longgar, yang penting hakpen bisa masuk aja, itu ukurannya. Selamat berlatih dan tetap semangat ya mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terima kasih bunda...saya akan tetap rajin berlatih... :-)

      Delete
  34. Assalamu'alaikum Bunda, mau tanya untuk membuat amigurumi memakai benang katun biasa atau katun big ply?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Untuk membuat amigurumi sebaiknya memakai polyester (polycerry). Nanti bentuknya lebih bagus.
      Semoga membantu.

      Delete
  35. buk kalau membuat syal memakai benang apa bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocoknya memakai benang catoon atau soft catoon.

      Delete
  36. Bunda Sugi,

    Saya mau tanya, kalau ingin merajut pinggiran baju katun itu bagaimana caranya ya Bunda?
    bisakah diberikan contoh atau tutorialnya?
    Terimakasih.

    Salam,
    Yanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Yanti di Solo.
      Memang saya belum sempat posting membuat rajutan pinggiran baju. semoga segera dalam waktu dekat.
      salam juga dari saya

      Delete
  37. mantab bunda dan artikel yg sangat berguna tetap semangat posting dan visit back lagi ya di Grosir Baju Rajutan

    ReplyDelete
  38. assalamualaikum bunda....
    mau tanya gimana ya cara menentukan ukuran saat merajut sepatu bayi?misal kl mau bikin size di tambah tusukan atau bagaimana ya?mohon pencerahannya....terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Biasanya saya ukur panjang dan lebar telapak kaki bayinya, lalu dilebihi setengah senti, selanjutnya dibuat pola. Untuk memperbesar atau mengecilkan size tinggal dikurangi ukuran polanya. Selanjutnya saat kita merajut, kita paskan dengan polanya. sudah sesuai atau belum.
      Nah... gitu aja yang saya bisa kasih masukan. semoga membantu.

      Delete
  39. assalamualaikum bunda
    mau tanya gimana caranya menentukan ukuran saat merajut sepatu bayi?misal kl sya punya pola ukuran s terus dr pola tersebut sya mau ganti ke size m apa harus di tambah tusukannya atau bagaimana ya? mohon pencerahannya..terima kasih banyak bunds

    ReplyDelete
  40. assalamualaikum bunda
    mau tanya gimana caranya menentukan ukuran saat merajut sepatu bayi?misal kl sya punya pola ukuran s terus dr pola tersebut sya mau ganti ke size m apa harus di tambah tusukannya atau bagaimana ya? mohon pencerahannya..terima kasih banyak bunds

    ReplyDelete
  41. Makasih ya Mbaa. Blognya bermanfaat sekali buat saya yang baru ingin belajar merajut^^ Makin tertarik buat belajar merajut deh, ilmunya bermanfaat sekali:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn ... iya sama2. Makasih atas kunjungannya

      Delete
  42. Dear bunda sugi,

    Bunda saya tertarik untuk belajar merajut setelah baca blog bunda...tapi saya tdk tahu harus mulai dari mana krna masih terlalu awam...tapi tiap kali lihat hasil karya rajut itu saya seneng,jadi pengen belajar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk mbak belajar lagi.
      Salam kenal ya

      Delete
  43. materinya menjawab pertanyaan saya tentang pola rajutan, terimakasih bunda sugi :D .... sangat membantu

    ReplyDelete
  44. materinya menjawab pertanyaan saya tentang pola rajutan, terimakasih bunda sugi :D .... sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sama-sama mbak Risma

      Delete
  45. Makasih infonya berguna sekali dan sangat membantu
    Kunjungi juga www.smartkios.com

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum bun, utk menyamarkan awal rajutan pd tas gmn y bun, keliatan bgt garis ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditutupi dengan aksesoris aja, atau waktu merajutnya dibuat tanpa menyambung, jadi langsung aja

      Delete
  47. thanks buat panduannya..
    kunjungi juga www.smartkiosku.com

    ReplyDelete
  48. Makasih infonya sangat membantu sekali
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum bunda. sy ingin belajar merajut, tapi sy sama sekali tidak tau yang namanya simpul mati itu gimana, rantai itu gimana, dan lain2 saya sama sekali belum paham. mohon buat artikel tentang merajut lebih banyak dong bund, sangat membantu blognya. trimakasih bund

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam ...
      Insyaallah mbak, artikel tentang rajut akan saya perbanyak. Doakan semoga segera terealisasi ya mbak

      Delete
  50. Bunda sugi ada tutorial cara membuat tas sederhana tidak dlm bntuk bacaan gtu bun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dalam waktu dekat saya bisa membuatnya ya mbak .. terimakasih atas kunjungannya

      Delete
  51. Terimakasih, artikelnya membantu sekali. Untuk yang mencari kosmetik organik dan terpercaya silahkan kunjungi www.greenmommyshop.com

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum bun... Boleh minta pola rajutan sendal buat bayi gak bund? Bayi saya umur lima bulan... Makasih sebelumnya bund...

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum bun... Boleh minta pola rajutan sendal buat bayi gak bund? Bayi saya umur lima bulan... Makasih sebelumnya bund...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak, saya pribadi nggak punya pola rajutan sandal bayi. Coba mbak cari di yuotube, kayaknya banyak

      Delete
  54. Bun, saya baru membuat syal, tp kok semakin lama semakin lebar ya, memang seperti itu atau ada cara yg salah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mebuktikan melebar atau nggak bisa dicek melalui jumlah tusukannya. Coba mbak hitung berapa jumlah ch/ rantai awal dibuat. Lalu hitung berapa jumlah tusukan yang dibuat pada baris paling akhir. Kalo jumlahnya sama, abaikan kekhawatiran. Karena itu hanya perasaan mbak saja. Lanjutkan merajut.

      Tapi kalo jumlahnya berbeda, nah, mbak cari dimana terjadi penambahannya? Kemungknan dipinggir. Bisa diulangi lagi dari bagian yang salah.

      Selamat merajut ya mbak, tetap semangat!

      Delete
  55. Assalamualaikum bunda. Aku tertarik banget pengen merajut setelah aku ketemu blog ini. Menginspirasi banget. Tapi bingung mau memulainya dari mana, aku pengen banget buat tas rajutan yang brmotif instagram gitu. Hekpen dan benang apa ya yg cocok agar trlihat bagus. Terimakasih bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam ...
      Maaf mbak Anggi baru sempat baca komennya.
      Kalo bingung memulai cari di youtub aja mbak, banyak tutorial yang memudahkan merajut. Kalo tas sich saya lebih suka pakai benang nilon. Untuk ukuran hapen kalo tulip biasanya saya pakai no 3/4.
      Semoga nggak bingung lagi ya ...

      Delete
  56. Assalamu'alaikum bunda, saya mau buat syal nih bun. misal pakainya benang big ply apa tidak apa apa bun? sama hakpen nya pakai yang mana ya bun biar cocok? mohon penjelasannya bun. terimakasih bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam....
      Sebetulnya kalo buat syal pakai banang ukuran apapun bisa, yang penting benang tersebut sifatnya harus halus dan lembut, supaya ketika dipakai terasa nyaman. Kalo benang bigply, biasanya saya pakai hakpen no 5/6. Semoga membantu ....

      Delete
  57. Bunda aku pemulaa😁 baru mau buat sweater rajut bagusnya pke benang apa ya bun? Terus motif apa yg simpel tp bagus? Makasih ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat sweater bagusnya pakai soft cotton. Untuk motif itu tergantung selera sich mbak. Mbak Zakiyah coba cari di youtub, nanti mbak bisa pilih motif yang disukai.

      Delete
  58. assalamuallaikum bunda
    saya pemula yang ingin pintar merajut, selama ini saya selalu otodidak jadi ada beberapa yang ingin saya tanyakan perihal merajut ini dan ebetulan saya bisanya untuk saat ini adalah crochet

    1. bagaimana menentukan ukuran benda yang kita buat dengan si pemakai bunda?
    2. saya selalu memakai satu jenis hakpen dan benang karena saya masih belajar, jika saat lihat tutorial benang dan hakpennya berbeda maka dari itu terkadang hasil saya lebih kecil. menurut bunda bagaimana mensiasatinya? apakah saya harus menambahkan per satu round atau chain? atau chain dasarnya

    itu sekiranya yang ingin saya tanyakan. terimakasih bun, sekiranya bunda menjawab akan sangat membantu sekali
    terimaksih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam ....
      Baik untuk jawaban no:
      1. Menentukan ukuran benda dengan si pemakai maksudnya gimana mbak? Misalnya tas, kalau besar cocoknya ukurannya sekian-sekian gituah mbak?
      2. Saran saya sebaiknya gunakan sesuai dengan petunjuknya aja mbak, misalnya benangnya bigply, ya ikutin pakai bigply. Nah, tentu saja ukuran hakpen juga harus lebih besar daripada ketika kita pakai benang yang ukuran sedang/ biasa. Supaya hasilnya tidak mengecil.

      Kalau terpaksa harus pakai benang yang lebih kecil ya, memang bisa disiasati dengan menambahkan jumlah chain (rantai) awalnya. Tentunya ini kita harus pinter-pinternya memperkirakan berapa yang harus ditambahkan.
      Semoga membantu ..

      Delete
  59. Assalamualaikum bun....
    Seneng bgt pagi2 ktemu blog ini,bunda tgl d srbaya?
    Q asli wonk suroboyo bun,sy suka dunia rajut pi cm tw n bisa sedikit ja tentang mrajut,slma ni sy kesulitn mw belajar lbh & cari bhn2 bwt merajut. Kira2 dimana ya bun bisa bljar yg bner dapatin bahan rajut yg lengkap di surabaya?
    Makasih sebelumx☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam ...
      Kebetulan saya juga sering memberikan pelatihan rajut. Bisa ke rumah. Silahkan jika berminat, untuk jamnya bisa janjian melalui WA: 085100013093

      Delete
  60. Bisa nih jadi tutorial awal bagi yang awam seperti saya

    ReplyDelete
  61. sore bunda sugi, salam kenal..sy ira..mohon bantuan bunda...mohon maaf...apa bunda sugi menjual bahan2 merajut? sy mau pesan benang poly dan soft cotton. gimana kalau mau dpt tutorial buat taplak dan tempat HP bunda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. barang pesanannya udah dikirim bu ..

      Delete
  62. bun kalau benang nilon yang ukuran kecil bisa buat sepatu bayi nga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. tapi sebaiknya kalo untuk bayi pake yang bahan agak lembut aja, seperti: katun

      Delete
  63. bunda.. caranya buat dasar sarung hp bagaimana ya ? yang melingkar begitu.. jadi sampingnya tidak usah di jahit lagi.. terimakasih bunda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama buat rantai, lalu dirajut terus keliling aja menuju ke atas. Nggak perlu dibolak-balik.

      Delete
  64. bun, kalo untuk pemula bgusnya buat apa dulu ya?

    ReplyDelete
  65. kalo untuk pemula bagusnya buat apa dulu ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat apa dulu itu sebenarnya tergantung selera aja. Tapi kalo untuk pemulai sebaiknya buat model tusukan yang simple aja, misal: sc, dc, hdc, dll.

      Bisa dimulai membuat syal, dompet, atau tas yang modelnya nggak rumit. Nanti kalo udah lancar baru mencoba model yang lainnya.
      Semoga bisa membantu ya ... Salam

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.